Contoh Laporan Hasil Observasi Anak SD

MAKALAH
LAPORAN OBSERVASI
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah BK Belajar Anak SD
Dosen pengampu: Ainur Rosyidah , M.Pd
STKIP-1.png






Disusun oleh:
    Avin Ainun Biru Anim      : 15020041


PROGRAM STUDI BIMBINGAN KONSELING
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2017





KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya dan karunia-Nya, sehingga dapat menyelesaikan makalah dengan  mata kuliah BK Belajar Anak SD  tentang “Observasi BK Belajar Anak SD  ” dengan tepat waktu. Terima kasih kepada  Ibu  Ainur Rosyidah , M.Pd yang telah memberikan tugas . Terima kasih kepada rekan-rekan yang telah bersedia mendukung kami untuk terus maju.

Dalam makalah ini, kami menjelaskan tentang  hasil-hasil pengamatan yang dilakukan dilapangan atau di sekolah terkait dengan bk belajar anak sd. Penyusun menyadari makalah ini tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif untuk menyempurnakan makalah kami. Kami mohon maaf atas kekurangan obyektif pada makalah kami. Semoga makalah ini bermanfaat, dan semoga Allah SWT membalas dengan pahala yang setimpal.

Pringsewu,11 Desember 2017

penyusun
                                                                                                 Avin Ainun Biru Anim



DAFTAR ISI

JUDUL.............................................................................................................          
KATA PENGANTAR.....................................................................................       i
DAFTAR ISI ...................................................................................................       ii
BAB I   PENDAHULUAN
              A.    Latar Belakang..............................................................................       1
              B.     Rumusan Masalah.........................................................................       2
              C. Tujuan penulisan.............................................................................       2

BAB II   PEMBAHASAN
A.    Masalah kesulitan belajar anak SD di bidang belajar...................         3
B. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar anak SD..........................      8
C. Peran / Pemecahan masalah yang diberikan kepada wali kelas........      13
D. Solusi sebagai konselor pada masalah kesulitan belajar anak SD.... ..   15
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan.....................................................................................      17
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................      18 


BAB I
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Anak memiliki karakter,sifat serta minat yang berbeda-beda,cara belajar gaya belajar bahkan cara mereka menerima atau memroses sebuah ilmu pengetahuan yang baru juga berbeda-beda setiap individu.Untuk dapat mengetahui adanya perbedaan tersebut perlu diadakannya sebuah penelitian atau pengamatan secara langsung (observasi). Observasi dilakukan guna melihat adanya pebedaan tersebut juga untuk melihat cara guru mengajar didalam kelas ini untuk memenuhi tugas mata kuliah BK Belajar Anak SD yang kami lakukan di SD Negeri 3 Pringsewu Barat yang penyusunan laporannya diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam penuntasan mata kuliah yang diampu. Kami sebagai calon guru bk dapat melihat pembelajaran guru mata pelajaran yang merangkap pula sebagai guru bk karena belum adanya guru bk untuk di SD Negeri.

B.       Rumusan Masalah
a.       Apa saja masalah yang dihadapi oleh anak SD dalam kesulitan belajar (di bidang belajar) ?
b.      Apa saja faktor-faktor penyebab kesulitan belajar anak SD ?
c.       Bagaimana peran wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar anak SD ?
d.      Apa solusi kita sebagai konselor dalam mengatasi masalah yang ditemukan dalam kesulitan belajar anak SD ?

C.       Tujuan
a.       Untuk mengetahui masalah kesulitan belajar anak SD dibidang belajar.
b.      Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar anak SD.
c.       Untuk mengetahui peran wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar anak SD.
d.      Untuk mengetahui solusi kita sebagai konselor dalam mengatasi masalah yang ditemukan dalam kesulitan belajar anak SD.
BAB II
PEMBAHASAN

A.    Masalah kesulitan belajar anak SD
Macam-macam kesulitan belajar yang kita temui di SD NEGERI 3 PRINGSEWU BARAT anatara lain :
1.      Kurang Fokus atau konsentrasi terpecahkan
Tidak semua anak ketika diterangkan mengenai mata pelajaran akan focus dengan mata pelajaran tersebut,bahkan ketika mengerjakan tugas anak di fasilitasi buku bacaan.terpecahkannya konsentrasi pada anak ini karena mainan dengan teman sebaya atau sebangku.
2.      Kurangnya Pemahaman Anak
walaupun guru sudah memfasilitasi dengan buku bacaan namun tidak semua anak dapat memahami apa isi dari buku bacaan tersebut,ini dikarenakan perbedaan gaya belajar dari si anak itu sendiri ada yang membaca buku tersebut berulang-ulang,ada tipe anak yang teliti ada pula yang hanya sepintas membacanya dan mejawab soal atau tugas yang diberikan secara ‘ngasal’.
3.      Kesulitan dalam menghitung dan menulis
Menghitung atau dalam mata pelajaran Matematika ini banyak siswa yang kesulitan,

B.     Faktor - faktor penyebab masalah kesulitan belajar anak sd
1.      Faktor internal
·         Keadaan fisik
Ada anak dengan ukuran tubuh agak besar atau kecil jadi penyusunan tempat duduk juga diperhatikan,namun karena sekolah memakai pembelajaran Thematic K13 jadi lebih banyak guru sebagai fasilitator dan lebih menekankan tugas mandiri dan tugas kelompok,dalam kelompok itu dibuat setrukturisasi untuk ditekankan keaktifannya dan kerjasama antar teman satu kelas,ketika berada dalam kelompok anak akan berbaur dan anak aktif.
·         Keadaan psikologis
Ada beberapa anak yang kurang percaya diri,ada pula memang anak itu pendiam tidak banyak bicara.

2.      Faktor eksternal
·         Orang tua
Anak seringkali terpengaruh ketika memiliki masalah di rumah,akibatnya terbawa sampai ke sekolah dengan tingkah atau kebiasaan yang berbeda dan Nampak atau dapat dilihat. Orang tua yang sering berkelahi di depan anak (broken home),kurangnya perhatian karna sibuknya bekerja akibatnya anak kurang perhatian,ada pula yang hanya tinggal bersama ayahnya sedang ibunya menjadi TKI.
·         Failitas Sekolah
Untuk sarana yang disediakan sekolah cukup memadai namun untuk prasarana seperti buku bacaan dan alat peraga lainnya masih kurang memadai.
·         Teman sebaya
Sering kali anak gagal untuk focus dengan mata pelajaran dikarenakan mainan dengan teman sebangku atau teman sekelas, Pada umumnya anak SD kelas bawah masih suka bermain karena pada dasarnya sesuai dengan karakteristik anak sd yang hanya dapat berfocus pada suatu hal dengan waktu 30 menit.

C.    Peran / Pemecahan masalah yang diberikan kepada wali kelas
1.      Pendataan
Wali kelas melakukan pendataan terhadap latar belakag anak agar mengetahui serta dapat mengantisipasi ketika anak mengalami kesulitan dalam belajar.
2.      Bimbingan
Wali kelas melakukan bimbingan individu terhadap anak yang sekiranya memiliki masalah dalam belajar,
3.      Home visit (kunjungan rumah)
Dalam proses home visit wali kelas melakukan kolaborasi terlebih dahulu kepada Kepala Sekolah, setelah itu wali kelas melakukan kunjungan ke rumah siswa untuk mendapatkan informasi secara langsung terkait kesulitan belajar dari orang tua serta melihat aktivitas siswa dirumah.

D.    Solusi sebagai konselor terhadap masalah kesulitan belajar anak SD
1.      Memilih teknik dalam pembelajaran disinu guru mempertimbangkan strategi dalam pengajaran serta seringnya guru memberikan alat peraga langsung yang ada di lingkungan sekolah.
2.      Memberikan bimbingan ini dapat berupa teguran,nasihat serta motovasi dalam pembelajaran yang ditujukan untuk peserta didik
3.      Memberikan iming-iming hadiah berubah nilai A atau 100 untuk atau dalam mata pelajaran tertentu semisal untuk menghafal UUD 1045.


BAB III
PENUTUP

Observasi dilakukan guna melihat adanya pebedaan tersebut juga untuk melihat cara guru mengajar didalam kelas ini untuk memenuhi tugas mata kuliah BK Belajar Anak SD yang di lakukan di SD Negeri 3 Pringsewu Barat dengan menggunakan teknik wawancara dengan walikelas serta dokumentasi bersama walikelas dan para peserta didik. Ada berbagai macam masalah belajar yang kami temukan namun dalam penulisan laporan ini kami meringkasnya menjadi satu kesatuan yang berkesinambungan. Laporan ini mencakup factor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar itu sendiri,peran atau solusi pemecahanmasalah dalam bidang belajar sebagai wali kelas serta peran konselor dalam menaggapi permasalahan tersebut. Kami harap penulisan laporan ini dapat membantu mahasiswa jauh lebih paham mengenai kesulitan belajar yang dialami anak SD.

Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN KARIR DAN BIMNINGAN KARIR

Contoh Proposal