Contoh Laporan Hasil Observasi Anak SD
MAKALAH
LAPORAN
OBSERVASI
Disusun guna memenuhi
tugas mata kuliah BK Belajar Anak SD
Dosen pengampu: Ainur
Rosyidah , M.Pd

Disusun
oleh:
Avin Ainun Biru Anim :
15020041
PROGRAM
STUDI BIMBINGAN KONSELING
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Alloh
SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya dan karunia-Nya, sehingga dapat
menyelesaikan makalah dengan mata kuliah
BK Belajar Anak SD tentang “Observasi
BK Belajar Anak SD ” dengan tepat waktu.
Terima kasih kepada Ibu Ainur Rosyidah , M.Pd yang telah memberikan
tugas . Terima kasih kepada rekan-rekan yang telah bersedia mendukung kami
untuk terus maju.
Dalam makalah ini, kami
menjelaskan tentang hasil-hasil pengamatan yang
dilakukan dilapangan atau di sekolah terkait dengan bk belajar anak sd. Penyusun menyadari makalah ini tidak terlepas dari kekurangan dan
kesalahan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif
untuk menyempurnakan makalah kami. Kami mohon maaf atas kekurangan obyektif
pada makalah kami. Semoga makalah ini bermanfaat, dan semoga Allah SWT membalas
dengan pahala yang setimpal.
Pringsewu,11
Desember 2017
penyusun
Avin Ainun Biru Anim
DAFTAR
ISI
JUDUL.............................................................................................................
KATA PENGANTAR..................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang.............................................................................. 1
B. Rumusan
Masalah......................................................................... 2
C.
Tujuan penulisan............................................................................. 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Masalah
kesulitan belajar anak SD di bidang belajar...................
3
B. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar anak SD.......................... 8
C. Peran / Pemecahan masalah yang diberikan kepada wali kelas........ 13
D. Solusi sebagai konselor pada masalah kesulitan belajar anak SD.... .. 15
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan..................................................................................... 17
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 18
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Anak memiliki karakter,sifat serta minat yang
berbeda-beda,cara belajar gaya belajar bahkan cara mereka menerima atau
memroses sebuah ilmu pengetahuan yang baru juga berbeda-beda setiap individu.Untuk
dapat mengetahui adanya perbedaan tersebut perlu diadakannya sebuah penelitian
atau pengamatan secara langsung (observasi). Observasi dilakukan guna melihat
adanya pebedaan tersebut juga untuk melihat cara guru mengajar didalam kelas
ini untuk memenuhi tugas mata kuliah BK Belajar Anak SD yang kami lakukan di SD
Negeri 3 Pringsewu Barat yang penyusunan laporannya diharapkan dapat membantu
mahasiswa dalam penuntasan mata kuliah yang diampu. Kami sebagai calon guru bk
dapat melihat pembelajaran guru mata pelajaran yang merangkap pula sebagai guru
bk karena belum adanya guru bk untuk di SD Negeri.
B. Rumusan Masalah
a. Apa saja masalah yang
dihadapi oleh anak SD dalam kesulitan belajar (di bidang belajar) ?
b. Apa saja faktor-faktor
penyebab kesulitan belajar anak SD ?
c. Bagaimana peran wali
kelas dalam mengatasi kesulitan belajar anak SD ?
d. Apa solusi kita sebagai
konselor dalam mengatasi masalah yang ditemukan dalam kesulitan belajar anak SD
?
C. Tujuan
a. Untuk mengetahui
masalah kesulitan belajar anak SD dibidang belajar.
b. Untuk mengetahui faktor-faktor
penyebab kesulitan belajar anak SD.
c. Untuk mengetahui peran
wali kelas dalam mengatasi kesulitan belajar anak SD.
d. Untuk mengetahui solusi
kita sebagai konselor dalam mengatasi masalah yang ditemukan dalam kesulitan
belajar anak SD.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Masalah
kesulitan belajar anak SD
Macam-macam kesulitan belajar yang kita temui di SD
NEGERI 3 PRINGSEWU BARAT anatara lain :
1.
Kurang Fokus atau konsentrasi terpecahkan
Tidak semua anak ketika diterangkan
mengenai mata pelajaran akan focus dengan mata pelajaran tersebut,bahkan ketika
mengerjakan tugas anak di fasilitasi buku bacaan.terpecahkannya konsentrasi
pada anak ini karena mainan dengan teman sebaya atau sebangku.
2.
Kurangnya Pemahaman Anak
walaupun guru sudah memfasilitasi
dengan buku bacaan namun tidak semua anak dapat memahami apa isi dari buku
bacaan tersebut,ini dikarenakan perbedaan gaya belajar dari si anak itu sendiri
ada yang membaca buku tersebut berulang-ulang,ada tipe anak yang teliti ada
pula yang hanya sepintas membacanya dan mejawab soal atau tugas yang diberikan
secara ‘ngasal’.
3.
Kesulitan dalam menghitung dan menulis
Menghitung atau dalam mata pelajaran
Matematika ini banyak siswa yang kesulitan,
B. Faktor - faktor
penyebab masalah kesulitan belajar anak sd
1.
Faktor internal
·
Keadaan fisik
Ada
anak dengan ukuran tubuh agak besar atau kecil jadi penyusunan tempat duduk
juga diperhatikan,namun karena sekolah memakai pembelajaran Thematic K13 jadi
lebih banyak guru sebagai fasilitator dan lebih menekankan tugas mandiri dan
tugas kelompok,dalam kelompok itu dibuat setrukturisasi untuk ditekankan
keaktifannya dan kerjasama antar teman satu kelas,ketika berada dalam kelompok
anak akan berbaur dan anak aktif.
·
Keadaan psikologis
Ada
beberapa anak yang kurang percaya diri,ada pula memang anak itu pendiam tidak
banyak bicara.
2.
Faktor eksternal
·
Orang tua
Anak
seringkali terpengaruh ketika memiliki masalah di rumah,akibatnya terbawa
sampai ke sekolah dengan tingkah atau kebiasaan yang berbeda dan Nampak atau
dapat dilihat. Orang tua yang sering berkelahi di depan anak (broken
home),kurangnya perhatian karna sibuknya bekerja akibatnya anak kurang
perhatian,ada pula yang hanya tinggal bersama ayahnya sedang ibunya menjadi TKI.
·
Failitas Sekolah
Untuk
sarana yang disediakan sekolah cukup memadai namun untuk prasarana seperti buku
bacaan dan alat peraga lainnya masih kurang memadai.
·
Teman sebaya
Sering
kali anak gagal untuk focus dengan mata pelajaran dikarenakan mainan dengan
teman sebangku atau teman sekelas, Pada umumnya anak SD kelas bawah masih suka
bermain karena pada dasarnya sesuai dengan karakteristik anak sd yang hanya
dapat berfocus pada suatu hal dengan waktu 30 menit.
C. Peran / Pemecahan masalah yang
diberikan kepada wali kelas
1.
Pendataan
Wali kelas melakukan pendataan
terhadap latar belakag anak agar mengetahui serta dapat mengantisipasi ketika
anak mengalami kesulitan dalam belajar.
2.
Bimbingan
Wali kelas melakukan bimbingan
individu terhadap anak yang sekiranya memiliki masalah dalam belajar,
3.
Home visit (kunjungan rumah)
Dalam proses home visit wali kelas melakukan kolaborasi
terlebih dahulu kepada Kepala Sekolah, setelah itu wali kelas melakukan
kunjungan ke rumah siswa untuk mendapatkan informasi secara langsung terkait
kesulitan belajar dari orang tua serta melihat aktivitas siswa dirumah.
D.
Solusi sebagai konselor terhadap masalah kesulitan belajar anak SD
1.
Memilih
teknik dalam pembelajaran disinu guru mempertimbangkan strategi dalam
pengajaran serta seringnya guru memberikan alat peraga langsung yang ada di
lingkungan sekolah.
2.
Memberikan
bimbingan ini dapat berupa teguran,nasihat serta motovasi dalam pembelajaran
yang ditujukan untuk peserta didik
3.
Memberikan
iming-iming hadiah berubah nilai A atau 100 untuk atau dalam mata pelajaran
tertentu semisal untuk menghafal UUD 1045.
BAB III
PENUTUP
Observasi
dilakukan guna melihat adanya pebedaan tersebut juga untuk melihat cara guru
mengajar didalam kelas ini untuk memenuhi tugas mata kuliah BK Belajar Anak SD
yang di lakukan di SD Negeri 3 Pringsewu Barat
dengan menggunakan teknik wawancara dengan walikelas serta dokumentasi bersama
walikelas dan para peserta didik. Ada berbagai macam masalah belajar yang kami
temukan namun dalam penulisan laporan ini kami meringkasnya menjadi satu
kesatuan yang berkesinambungan. Laporan ini mencakup factor-faktor yang
menyebabkan kesulitan belajar itu sendiri,peran atau solusi pemecahanmasalah
dalam bidang belajar sebagai wali kelas serta peran konselor dalam menaggapi
permasalahan tersebut. Kami harap penulisan laporan ini dapat membantu
mahasiswa jauh lebih paham mengenai kesulitan belajar yang dialami anak SD.
Comments
Post a Comment